Pengertian, fungsi dan Komponen-komponen hardisk




  • Pengertian Hardisk 
           Hardisk merupakan salah satu perangkat keras komputer yang menyediakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. hardisk merupakan jenis memori komputer yang memiliki sifat non-volatile memory yang berarti data pada memori jenis ini tidak akan hilang meskipun perangkat ini telah dimatikan. Berbeda dengan RAM yang hanya menyimpan data selama perangkat tersebut memiliki daya. 


  • Fungsi Hardisk 
           Hardisk merupakan memori berkapasitas besar pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data. 


  • Komponen- komponen pada hardisk
                   Hardisk terdiri dari beberapa komponen penyusun sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Komponen-komponen tersebut yaitu :


fungsi harddisk dan cara kerja harddisk
  1. Platter Platter terbuat dari bahan keras seperti aluminium, yang kemudian diselimuti dengan bahan magnetis yang berfungsi untuk menyimpan data Anda. Sebuah hardisk berkapasitas besar biasanya dilengkapi dengan platter yang lebih dari satu, yang disusun bertumpuk  di tengah spindle.
  2. Spindle Splinde merupakan komponen yang berfungsi untuk menahan platter agar tetap berada diposisinya saat platter diputar. 
  3. Read/write head yaitu komponen yang berfungsi untuk membaca, menghapus atau menulis data pada platter. 
  4. Actuator Arm berperan layaknya sebuah lengan pada jenis pemutar musik yang dulu. Arm ini berfungsi untuk menyesuaikan posisi Read/write head sesuai dengan lokasi data yang akan ditulis pada Pattern.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian USB dan Jenis-jenis Konektor USB

Cara memasang Processor

Cara Memasang Power Supply